Suku Hausa, Suku Terbesar Di Afrika Barat

Suku Hausa, Suku Terbesar Di Afrika Barat

Hausa merupakan grup etnis terbesar di semua Afrika Barat. 3 puluh % dari seluruh Suku Hausa bisa ditemukan di daerah utara dan barat bahari Nigeria, daerah yang dikenal menjadi “Hausaland.”

Hausa sudah banyak terlibat dalam perdagangan jeda jauh selama berabad-abad. Para pedagang menukar emas dari Timur Tengah menggunakan kulit, kerajinan, serta kuliner. Suku Hausa pula bisa ditemukan pada negara-negara Afrika Barat lainnya seperti Chad, Ghana, dan Pantai Gading.

Meskipun bahasa Inggris diakui sebagai bahasa resmi negara itu, Hausa, bahasa orisinil orang-orang Hausa, dengan cepat menjadi bahasa utama di Nigeria utara. Hausa sangat berpengaruh di Afrika Barat, baik secara budaya juga politik. Hati tuhan merupakan melihat mereka sebagai imbas Kristen yg bertenaga juga.

Suku Hausa, Suku Terbesar Di Afrika Barat

Beberapa orang salah menduga bahwa Boko Haram berasal dari Hausa sebab istilah itu sendiri dari berasal bahasa Hausa. tapi Boko Haram sebagian akbar asal berasal Kanuri dan Fulani serta suku-suku lainnya.

Hausa artinya bahasa yg paling banyak dipergunakan pada Afrika barat. Ini dituturkan sang lebih kurang 22 juta orang. 17 juta orang lainnya berbicara Hausa menjadi bahasa ke 2.

Hausa ditulis pada huruf Arab, serta sekitar seperempat kata Hausa asal berasal bahasa Arab. banyak Hausa yang mampu membaca serta menulis bahasa Arab. poly pula yg mampu berbahasa Prancis atau Inggris.

Negara bagian Hausa, pula dikenal menjadi Hausaland, merupakan entitas politik independen yang didirikan oleh orang-orang Suku Hausa, dan terletak di antara Sungai Niger dan Danau Chad.

Itu artinya entitas politik tanpa otoritas sentra, terisolasi hingga pertengahan abad ke-14. Terlepas asal penempatan mereka, mereka memiliki bahasa, hukum, serta kebiasaan yg sama.

Suku Hausa mengkhususkan diri dalam pintar besi, memancing, berburu, pertanian, dan penambangan garam. lebih kurang tahun 1500-an, kota utara Kano sudah sebagai yang paling kuat, serta artinya pusat perdagangan utama gading, emas, perdagangan budak, garam, kain, kulit, dan biji-bijian.

Sebab kurangnya keahlian militer dan badan pemerintahan pusat, mereka disebut sebagai aliansi longgar oleh kota-kota tetangga—yg membentuk mereka rentan terhadap dominasi eksternal.

Seluruh negara bagian permanen merdeka hingga mereka ditaklukkan oleh seorang ulama Islam terkemuka, Usman dan Fodio, pada Jihad kudus (perang) antara tahun 1804 serta 1815, yg menciptakan Kekhalifahan Sokoto.

Itu kemudian dihapuskan ketika Inggris mengalahkan Daftar Sbobet kekhalifahan di tahun 1903 serta menamai wilayah Nigeria Utara.

Menurut tradisi, Bayajidda, nenek moyang mitos Hausa, bermigrasi berasal Baghdad di abad kesembilan atau kesepuluh. sesudah berhenti di kerajaan Bornu, dia melarikan diri ke barat dan membantu raja Daura membunuh seekor ular berbahaya.

Menjadi anugerah, dia dinikahkan dengan Ratu Daura. Putra Bayajidda, Bawo, mendirikan kota Biram. dia memiliki enam putra yg menjadi penguasa negara-kota Hausa lainnya. Secara kolektif, ini dikenal menjadi Hausa bakwai (Hausa tujuh).

Cerita masyarakat Suku Hausa termasuk tatsunya— cerita yang umumnya memiliki moral. Mereka melibatkan hewan, pria serta gadis muda, serta pahlawan dan penjahat. poly termasuk peribahasa dan teka-teki.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.