Sejarah Suku Komi

Sejarah Suku Komi

Selama periode bahasa Proto-Permian (2000 SM sampai 900-1000 M) nenek moyang suku Komi dan Udmurt tinggal pada lembah Vjatka dan sungai Kama yg lebih rendah di dekat rakyat Iran. pada abad keenam sampai ke 7 Masehi. mereka melakukan hubungan menggunakan orang-orang Bulgaria Volga yang menekan timur laut. Pengingat berasal hubungan ini adalah istilah-kata Bulgaria yg dipinjam ke Proto-Permian, dan istilah-istilah terakhir yg hanya dipinjam ke Udmurt dari Chuvash (Bulgaria).

Menjadi akibat berasal pencaplokan Bulgaria, nenek moyang Komi berpisah dari kerabat terdekat mereka, Udmurt, pada lebih kurang abad kesepuluh M. Suku Komi, yg mungkin sebelumnya membuat gerombolan Slot Terbaru utara Perm antik, secara bertahap melayang ke utara dan menduduki mereka. daerah terkini. wilayah terakhir yg dihuni pada akhir abad ke 7 belas adalah daerah pada utara serta timur, di daerah Visera, Ižma, Pečora, serta hulu sungai Vyčegda.

Sejarah Suku Komi

Karakteristik etnis eksklusif Komi berkembang pada utara pada wilayah sungai Mezeń-Vaška, Vyčegda, dan Vym (Komi-Ziryenes) serta pada selatan di wilayah Kama atas (Komi-Permyaks). Komi utara memiliki hubungan perdagangan dengan Rusia (kerajaan Novgorod) semenjak abad kesebelas sampai ketiga belas. di abad keempat belas wilayah Komi berada pada bawah kekuasaan Rusia. di abad keenam belas kekuasaan kerajaan Novgorod digantikan oleh kekuasaan Moskow. Penaklukan oleh Rusia disertai menggunakan penyebaran agama Kristen ke Komi.

Pertobatan Komi ke iman Kristen ialah karya Santo Stefanus asal Perm (Stepan Chrap). Stepan Chrap ialah Komi penuh atau 1/2. dia merupakan uskup pertama Ust’-Vym, didirikan pada tahun 1383 (nama sebelumnya artinya Perm lama , Perm Staraya). di abad keempat belas, dengan memodifikasi alfabet Cyrillic serta Yunani, Santo Stefanus dari Perm membangun huruf khusus buat Komi dan dengan demikian melek huruf Komi. Sang karena itu, di mulanya Komi merupakan bahasa gereja. sisa -sisa tulisan Komi abad keempat belas sampai keenam belas yg masih hidup ditemukan menjadi prasasti ikon, fragmen teks liturgi, serta kamus ringkas.

Inisiatif Santo Stefanus dari Perm ditinggalkan setelah abad keenam belas, dan bahasa gereja Ortodoks di wilayah Komi menjadi bahasa Slavonik Gereja usang versi Rusia. wilayah Komi-Permyaks, daerah Kama atas, disajikan pada abad keenam belas sang Ivan IV (Ivan the Terrible) pada keluarga bangsawan Stroganov. menggunakan demikian, Komi-Permyaks sebagai budak dari dinasti Stroganov. setelah Revolusi Rusia, wilayah swatantra Komi dibuat pada tahun 1921 serta kemudian di tahun 1936 Republik Komi. Komi-Permyak NR muncul di tahun 1925.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.