Faktar Unik Suku Maya Kuno Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Faktar Unik Suku Maya Kuno

Faktar Unik Suku Maya Kuno – Peradaban suku Maya kuno merupakan salah satu yang terbanyak dalam sejarah planet kita. Matematika tingkatan lanjut, pengamatan astronomi yang pintar, arsitektur yang megah, serta seni kreatif merupakan pencapaian terbanyak suku Maya, yang hidupnya berbalik di dekat bermacam aplikasi keagamaan yang kerap kali mencakup ritual kekerasan semacam pengorbanan darah.

Kerajaan suku Maya menggapai puncaknya pada dekat 800 Meter, namun mayoritas dari mereka secara misterius runtuh pada abad- abad selanjutnya.

Kerajaan suku Maya terakhir ditaklukkan oleh Spanyol pada akhir abad ke- 17. Dekat 7 juta orang suku Maya masih ada hingga saat ini di Meksiko, Guatemala, Belize, El Salvador serta Honduras. Sebagian dari mereka masih menjajaki tradisi leluhur kunonya.

Faktar Unik Suku Maya Kuno

 

1. Suku Maya sebenarnya masih ada serta hidup di segala dunia

Walaupun peradaban suku Maya kuno yang perkasa runtuh berabad- abad yang kemudian, orang- orang suku Maya masih mendiami dunia. Kenyataannya, ada lebih dari 7 juta orang suku Maya yang masih hidup di daerah kerajaan kuno dikala ini.

Banyak dari mereka berupaya buat mempertahankan bagian- bagian dari budaya suku Maya kuno sedangkan yang lain lebih berasimilasi dengan budaya modern di wilayah mereka tinggal. Semacam di daerah- daerah tertentu di Meksiko (terutama negeri bagian Yucatan, Campeche, Quintana Roo, Tabasco serta Chiapas), Guatemala, Belize, El Salvador serta Honduras barat.

2. Mempunyai keahlian menulis tingkatan lanjut

Banyak prestasi dari peradaban suku Maya bisa berhubungan dengan fakta simpel kalau suku Maya sanggup berbicara serta melestarikan pengetahuannya dengan metode yang sangat efektif lewat keahlian menulis mereka yang mutahir.

Bahasa tulisan suku Maya dalam wujud hieroglif (mirip dengan peradaban Mesir kuno), serta mereka memakainya buat menulis di atas batu, kayu serta apalagi dalam buku- buku yang dibuat dari kulit tumbuhan ara yang lembut.

Para periset tadinya berpikir buat waktu yang lama kalau bahasa tulisan suku Maya dibesarkan dekat 1. 700 tahun yang kemudian, namun penemuan menampilkan kalau itu bisa jadi jauh tadinya, dekat 2. 300 tahun yang kemudian.

3. Pengorbanan darah

Banyak Kerutinan tiap hari suku Maya kuno yang tidak umum. Pengorbanan darah kepada para dewa merupakan perihal yang universal di antara suku Maya. Kanak- kanak kecil umumnya jadi opsi utama buat pengorbanan semacam itu sebab jiwa mereka murni, yang diyakini bawa kemakmuran.

Pada sebagian peluang, budak ataupun tawanan perang digunakan selaku pengganti kanak- kanak. Salah satu fakta suku Maya yang sangat mengejutkan mengatakan kalau sebagian orang suku Maya modern masih melaksanakan pengorbanan darah, namun mereka pasti saja tidak memakai darah manusia. Mereka memakai darah sapi ataupun ayam selaku gantinya.

4. Kalender Suku Maya

Bersumber pada laporan National Geographic dan http://www.limnologia2018.org/, kalender suku Maya merupakan salah satu pencapaian terbanyak dari peradaban kuno. Bukan cuma sebab pengamatan suku Maya terhadap langit serta uraian mereka tentang waktu sangat luar biasa pada era itu, namun pula sebab kalender sudah menimbulkan banyak kehebohan di era modern.

Bagi kalender suku Maya, akhir dunia sepatutnya terjalin pada 21 Desember 2012, namun kita jelas masih di mari. Serta memanglah, bertepatan pada dalam kalender suku Maya sebenarnya tidak menunjukkan akhir dunia, cuma akhir dari salah satu yang diucap periode penciptaan dalam kalender hitungan panjang suku Maya.

Di satu sisi, akhir dari periode penciptaan suku Maya mirip dengan akhir tahun yang saat ini kita rayakan tiap 31 Desember, jadi telah tentu tidak ada yang perlu ditakutkan. Selain itu kalian harus Mengenal Sejarah Suku Aztec atau Suku Maya.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *