5 Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik dan Menakutkan, Tidak boleh Dicoba!

tradisi unik

5 Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik dan Menakutkan, Tidak boleh Dicoba!

tradisi unik

5 Suku di Indonesia dengan Tradisi Unik dan Menakutkan, Tidak boleh Dicoba! – Sebagai negeri yang multikultural, indonesia terdiri lebih dari 300 suku bangsa dalam bahasa, tradisi, dan adat rutinitas yang berbeda. Tiap tradisi yang diyakini sebagai peninggalan nenek moyang yang kuat hubungannya dengan elemen religius dan keyakinan. Beberapa tradisi itu bahkan juga condong unik dan menakutkan yang tidak dapat diterima akal sehat.

Berikut dihidangkan daftar lima tradisi unik dan menakutkan dari beberapa suku di Indonesia yang dilaksanakan sampai sekarang ini.

1. Debus – Banten

Debus sebagai tradisi yang dari Propinsi Banten berbentuk aktivitas mencederai diri kita dengan beragam senjata tajam seperti pedang, golok, atau pisau. Debus memiliki kandungan arti dalam jika tuhan tidak biarkan hambanya cedera dengan badan yang sudah diberi. Tradisi ini sudah diyakini oleh umat Islam semenjak era ke-16 di Banten, Jawa tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

2. Pasola – Sumatera Barat

Pasola sebagai upacara adat yang dari Sumatera Barat di mana 2 orang kesatria naik kuda akan bertanding dengan tombak sampai satu diantaranya berserah. Beberapa kesatria terus bertanding dengan menusukkan tombak sampai darah bercucur di tempat. Warga yakin jika darah yang jatuh ke tanah akan membuat tanah jadi subur. Bila jatuh korban jiwa, si korban akan dipandang bersalah karena sudah lakukan kekeliruan sepanjang upcara adat Pasola berjalan.

3. Bantengan – Banyuwangi

Bantengan sebagai tradisi lokal dari Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur sebagai wujud rasa sukur ke beberapa banteng atau kerbau yang sudah menolong petani bajak sawah sepanjang satu tahun kemarin. Bantengan dilaksanakan oleh masyarakat di tempat yang kenakan pakaian serba hitam dengan penutup kepala seperti sundul serupa banteng. Kabarnya menurut keyakinan, beberapa masyarakat sebagai bantengan betul-betul akan dirasuki oleh arwah banteng hingga kehilangan kesadaran dan berperangai seperti banteng betulan.

4. Ma’nene – Sulawesi Selatan

Ma’nene sebagai tradisi yang dari Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan yang juga tempat jangkauan dari game slot online merupakan sebuah tradisi berbentuk arak-arakan mumi dari nenek moyang yang sudah wafat. Saat sebelum tradisi Ma’nene dilaksanakan lebih dulu mumi akan ditukar bajunya dengan baju baru seperti gaun atau jas resmi. Kabarnya jasad mumi dalam tradisi Ma’nene bisa berdiri dan jalan sendiri seperti seakan ada kemampuan ghaib yang mengontrolnya.

5. Potong Jemari – Papua

Tradisi Potong Jemari sebagai tradisi berlebihan yang sudah dilakukan oleh beberapa suku dari Wamena di Propinsi Papua. Tiap ada bagian keluarga yang wafat karena itu bagian keluarga yang hidup akan menggunting satu batas jarinya sebagai wujud rasa kehilangan. Sekarang Tradisi Potong Jemari mulai ditinggal karena dipandang terlampau beresiko.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.